Selasa, 13 November 2012

Pertumbuhan Gigi Pada Balita
Oleh : Vera Apriliyanti Lestari


Pertumbuhan gigi balita. Setelah beberapa bulan bayi Anda tersenyum tanpa gigi, kini tiba saatnya mutiara-mutiara kecil itu mengintip dari balik gusi si kecil. Pada umumnya, masa tumbuh gigi pertama adalah pada usia enam bulan. Namun ini bisa bervariasi pada setiap bayi. Sebagian bayi menampakkan titik kecil putih di gusinya lebih dulu daripada bayi-bayi lainnya. Sama saja seperti kapan waktu melangkah pertama pada bayi. Pertumbuhan gigi pada bayi dan balita sedikit-banyak juga dipengaruhi oleh faktor keturunan. Anda perlu “membuka” kembali buku diari pertumbuhan Anda dan keluarga besar untuk bisa mengira-ngira kapan gigi pertama bayi Anda akan muncul. Selain itu, faktor makanan juga dapat memengaruhi tumbuhnya gigi. Pemberian berbagai tekstur makanan dapat membantu merangsang pertumbuhan gigi anak. Faktor jenis kelamin juga berpengaruh. Gigi anak perempuan biasanya tumbuh lebih dulu daripada anak laki-laki.
Pertumbuhan gigi balita. Menurut dr. William Sears dalam bukunya The Baby Book, sebenarnya bayi dilahirkan sudah lengkap dengan serangkaian gigi utama sebanyak 12 buah. Namun, gigi-gigi tersebut terkubur di dalam gusi dan menanti saat yang tepat untuk tumbuh. Kemudian, gigi akan menembus gusi atas dan bawah secara berpasangan, biasanya gigi bawah tumbuh lebih dahlu dibandingkan pasangan gigi atas.
Pada umumnya, gigi seri akan tumbuh pada saat bayi berusia 6-12 bulan, sementara geraham pertama tumbuh di periode 12-18 bulan. Gigi taring akan muncul pada usia 18-24 bulan, sementara enam bulan berikutnya akan muncul geraham kedua.
Pertumbuhan gigi balita. Jika Anda perhatikan, gigi bayi tumbuh dari permukaan gusi dengan sudut yang bervariasi. Ada yang tumbuh tegak, ada yang menekuk pada awalnya lalu lurus setelah memutar sendiri. Jarak antargigi pun bermacam-macam. Ada yang rapat-rapat, namun ada pula yang terpisah 0.5-1mm antara gigi satu dengan lainnya. Tak perlu merisaukan jarak antargigi susu ini. Selain tidak mencerminkan bagaimana gigi permanennya tumbuh kelak, jarak ini justru mempermudah Anda ketika inginmembersihkan gigi anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar