Sabtu, 10 November 2012

Maraknya Gerakan Anti imunisasi


Maraknya Gerakan Anti imunisasi
 oleh Yolandha Dwaya Pertiwi

Kita selaku orang tua jangan gampang terpengaruh pemikiran yang condong kurang rasional tersebut. Ada beberapa point yang disoroti alasan kelompok anti imunisasi tersebut. Salah satunya adalah “Imunisasi Tidak Menjamin Anak Menjadi Lebih Sehat”

Memang, tidak ada jaminan seratus persen bahwa anak yang telah diimunisasi akan langsung terbebas dari segala penyakit. Karena kita berhadapan dengan makhluk hidup dengan segala keberagamannya. Tujuan diberikan vaksinasi sesungguhnya adalah untuk merangsang kekebalan tubuh, dengan cara memasukkan bibit penyakit yang telah dilemahkan. Dengan cara itu diharapkan tubuh membangun pasukan yang memadai agar mengenali jika ada penyakit serupa yang mencoba masuk.

Dan efektivitas vaksinasi itu sendiri dipengaruhi beberapa faktor, antara lain anak yang menerima vaksin maupun vaksinnya sendiri. Vaksin dari pabrik bagus, tapi penyimpanannya kurang baik akan rusak atau berkurang efektivitasnya. Atau mungkin vaksinnya bagus , tapi daya tahan anak sedang tidak baik untuk dirangsang kekebalannya, maka efektivitasnya juga akan berkurang.

Jika ada orang tua yang berpendapat bahwa anaknya tetap sehat-sehat saja tanpa diimunisasi,  logika sederhananya adalah mungkin saja anak itu tetap sehat karena anak-anak di sekelilingnya telah diimunisasi dan sehat sehingga tidak menulari anaknya. Bagaimana jika anak-anak di sekelilingnya terkena wabah, adakah jaminan anaknya yang tidak diberi kekebalan tubuh akan terhindar dari penyakit tersebut?

Ketika wabah cacar berbahaya yang dikenal dengan istilah awam cacar api melanda pada Tahun 50-an, penyakit itu telah memakan banyak korban, andaipun lolos dari maut akan menyisakan bopeng yang mengerikan.

Nah, maukah kita kembali ke masa-masa itu lagi ketika wabah-wabah penyakit menular itu melanda dan belum ditemukan solusinya? Jangan karena pemikiran yang cenderung emosional itu kita harus mengorbankan masa depan kesehatan anak-anak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar