Rabu, 07 November 2012

Pentingnya Pijat Bayi


Pentingnya Pijat Bayi
Oleh : Oktovia Lilaeni

 
Istilah Pijat bayi sudah dilakukan sejak dulu oleh ibu-ibu di India sebagai perlambang cinta. Ternyata dengan memijat bayi, ibu tidak hanya sekedar memberikan sentuhan kepada anaknya. Dengan memijat bayi hubungan bathin antara ibu dan anak akan terjalin kuat.
Semenjak lahir bayi sudah bisa diberi stimulus berupa Pijatan. Namun, jika tali pusar bayi belum lepas, maka Pijatan tidak boleh dilakukan pada daerah perut. Untuk bayi baru lahir sampai usia 3 bulan, Pijatan dapat berupa sentuhan halus atau usapan lembut. Ketika bayi sudah berusia 3 bulan lebih, Pijatan boleh diberi sedikit tekanan.
Bagi bayi prematur, Pijat bayi terbukti memberikan dampak positif untuk mempercepat kesiapannya hidup normal seperti bayi yang usianya sebulan di atasnya pada tujuh hari pertama pemijatan. Hasil penelitian dari University of Miami Medical School menunjukkan bahwa bayi premature yang diPijat setiap hari akan mengalami pertambahan berat badan 47% dari bayi lain yang tidak diPijat, meskipun mereka diberi asupan kalori yang sama.
Kapan sebaiknya Pijat bayi dilakukan? Jawabannya yaitu pada 6 atau 7 bulan pertama usia bayi. Memijat bayi dapat dilakukan setelah mandi dan sebelum tidur (untuk membantu bayi agar tidur lebih lelap) yang lamanya sekitar 15 sampai 20 menit. Untuk memijat, gunakan baby oil dan ikuti saja naluri ibu, lalu lakukan dengan pelan dan lembut. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan memijat bayi setelah bayi makan atau menyusu, jangan membangunkan bayi hanya untuk diPijat, dan jangan memijat bayi jika bayi sakit. Ibu jangan memakai perhiasan dan kuku ibu tidak boleh panjang agar kulit bayi tidak terluka. Saat memijat, jalinlah komunikasi dengan bayi agar bayi lebih nyaman dan hubungan ibu dengan bayi lebih dekat.
Selanjutnya, Pijatlah bayi pada bagian wajah yang dimulai dari pelipis di atas alis, tulang hidung, kening, dagu, bagian di bawah mata sampai ke leher. Pijatan pada bagian kaki dimulai dari telapak, jari-jari, tungkai sampai paha. Pijatan pada tangan dimulai dari telapak, jari-jari, lengan sampai bahu. Dan Pijatan pada punggung dimulai dari bagian atas sampai ke pangkal paha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar