Jumat, 02 November 2012

Cara Merawat Mata pada Bayi Baru Lahir


Cara Merawat Mata pada Bayi Baru Lahir
Oleh : Oktovia Lilaeni



Merawat bayi, apalagi bayi yang baru lahir merupakan hal yang  belum tentu mudah dilakukan oleh setiap ibu. Padahal jika tidak dirawat dengan benar dan kebersihannya tidak dijaga, tubuhnya bakal rentan terhadap banyak penyakit. Salah satu bagian tubuh dari bayi baru lahir yang penting dan perlu dirawat dan dijaga kebersihannya adalah mata.
Pada mata terdapat sumber air mata yang terletak di atas mata. Dari hasil penelitian sebelumnya membuktikkan bahwa setiap 3 detik, sumber air mata akan mengeluarkan air mata, yang kemudian mengalir ke saluran di ujung tengah mata dekat hidung. Pada bayi baru lahir, karena di kandungan belum pernah menangis, maka sumber air mata belum bisa berproduksi. Jadi, salurannya masih tertutup. Bisa juga, kadang terbuka tapi lalu menutup lagi, sehingga air mata yang seharusnya sudah mengalir jadi tergenang.
Air mata yang di hasilkan dari sumber air mata bersifat aneh, karena air mata setelah keluar dari sumber air mata dapat membunuh kuman untuk beberapa menit, akan tetapi setelah lewat beberapa menit, air mata tidak dapat membunuh kuman lagi, yang ada malah akan menjadi salah satu makanan bagi kuman. Jadi, bila air mata tergenang atau tak mengalir, akan mengakibatkan tumbuhnya kuman - kuman yang kemudian akan menimbulkan tahi mata. Dimana tahi mata tersebut dapat membahayakan kornea mata pada bayi baru lahir tersebut.
Untuk mencegah terjadinya tahi mata tersebut, kita perlu melakukan pemijatan di area sudut mata dengan menggunakan jari yang tak berkuku panjang atau dapat juga menggunakan cotton buds yang sudah di basahi dengan air matang. Lalu  pijat lembut mulai dari sudut mata ke bawah dan ke arah hidung, lakukan selama 5-10 kali. Hal ini dapat dilakukan sekitar 2 minggu sekali, karena setelah dilakukan pemijatan, pada umumnya saluran air mata telah terbuka tetap dan akan berfungsi secara normal. Untuk membersihkan tahi mata, gunakan kapas steril yang dibasahi air matang, dan pada prinsipnya selalu gunakan satu kapas steril untuk tiap mata. Penting diingat! Kalau kotoran mata si kecil tak juga hilang meski selalu dibersihkan, segera bawa ke dokter, karena bisa jadi matanya terinfeksi kuman.
Jangan lupa perhatikan kedua mata bayi yang baru lahir, apakah ada tanda-tanda infeksi mata. Mata yang terinfeksi akan banyak kotoran, sklera (bagian putih) mata biasanya berwarna merah dan kelopak mata membengkak. Apabila ada tanda-tanda tersebut konsultasikan dengan tenaga medis terdekat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar